AL-GHAFFUR

الغَفَّارُ

( MAHA PENGAMPUN)

AYAT QURAN

وَإِن يَمۡسَسۡكَ ٱللَّهُ بِضُرّٖ فَلَا كَاشِفَ لَهُۥٓ إِلَّا هُوَۖ وَإِن يُرِدۡكَ بِخَيۡرٖ فَلَا رَآدَّ لِفَضۡلِهِۦۚ يُصِيبُ بِهِۦ مَن يَشَآءُ مِنۡ عِبَادِهِۦۚ وَهُوَ ٱلۡغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ 

Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba hamba-Nya dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Yunus[10]:107)

MAKNA

Asma Allah yang satu ini hampir sama dengan asma Allah Al-Ghafur. Kata Al-Ghafur lebih kepada kalimat aktif, yaitu Allah Maha Mengampuni dosa-dosa hamba-Nya. Sebesar apapun dosa yang dilakukan hamba-Nya, Allah tidak segan-segan untuk menghapus semua dosanya, apabila ia mau bertaubat dan berjanji untuk tidak mengulang kesalahannya.

KISAH INSPIRATIF

Melihat kenikmatan dan kebahagiaan Adam dan Hawa agar mau memakan buah terlarang : Khuldi. Akhirnya, mereka terbujuk rayuan iblis dan memakan buah itu.

Allah swt lalu berseru kepada mereka, “Bukankah aku telah melarang kalian mendekati pohon itu? Ketahuilah bahwa seungguhnya Iblis adalah musuh yang nyata bagi kalian.”

Adam dan Hawa menyadari kesalahannya. Mereka menyesal dan bertaubat kepada Allah swt. Allah memaafkan mereka, dan sebagai hukumannya, Allah swt mengeluarkan mereka dari surga dan menurunkannya ke bumi.

Allah swt banyak memberikan ampunan kepada hamba hamba-Nya, asalkan mereka mau bertaubat dengan sungguh-sungguh. Karena nya, Allah memiliki nama indah : Al-Ghafur, Maha Pengampun.

HIKMAH

Banyak hikmah yang terkandung dalam asma Allah Al-Ghafur ini. Jika kita benar-benar memahami maknanya, maka kita termasuk orang yang berhati-hati dalam bertindak, dan selalu meminta ampunan kepada Allah swt atas dosa-dosa yang kita lakukan baik secara terang-terangan maupun tersembunyi, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Karena hanya ampunan dari Allah yang bisa menyelamatkan kita dari jurang kemaksiatan. Oleh karena nya, Nabi saw sangat menganjurkan bagi umatnya untuk selalu membaca istigfar sebanyak mungkin setiap waktu.

FADHILLAH

Apabila kita rajin membaca Ya Ghafur sembari bersujud, Insya Alah akan diampuni dosa-dosa kita, dan akan diberikan keberkahan pada kekayaan dan keturunan kita.

BERDOA DENGAN AL-GHAFUR

"ياَ غَفُوْرُ اِغْفِرْلَناَ ذُنُوْبَناَ وَ اِسْرَافَنَا"

"Dzat yang Maha Pengampun"

"Wahai Dzat Yang Maha Pengampun, ampunilah dosa-dosa kami dari keteledoran kami yang berlebihan".

Khasiatnya:

  • Orang yang mendawamkan Asma ini Insya Allah diselamatkan dari keadaan yang menakutkan.
  • Agar supaya do'a cepat terkabul bacalah Asma ini 7777 kali setiap malam sampai do'a terkabul.
  • Tulis 3 kali pada badan orang yang sakit panas demam, insya Allah panasnya turun.
  • Baca setiap selesai sholat fardhu dapat mengurangi dosa kita kepada Allah SWT.

#dikutif dari Ceramah Rabuan WPWA.

Comments