APA ITU ARMUZNA?

Armuzna adalah singkatan dari Arafah, Muzdalifa, dan Mina. Ketiga tempat ini sering disebut titik krusial (point penting) dalam serangkaian kegiatan wajib haji. Karena di 3 tempat inilah seluruh energi fisik dan mental akan terkuras. Dan kegiatan di Armuzna lah yang mebedakan antara kegiatan ibadah haji & umroh. Berikut penjelasan singkat mengenai Armuzna :

  1. Arafah

Kota di sebelah timur Mekkah dikenal sebagai tempat pusatnya haji, yaitu tempat wukuf dilaksanakan, yakni pada tanggal 9 Zulhijah tiap tahunnya.

  1. Muzdalifah

Tempat di dekat Mina dan Arafah, dikenal sebagai tempat jamaah haji melakukan Mabit (Bermalam) dan mengumpulkan bebatuan untuk melaksanakan ibadah jumrah di Mina. Firman Allah dalam QS. Al Baqarah: 198 :

فَإِذَا أَفَضْتُمْ مِنْ عَرَفَاتٍ فَاذْكُرُوا اللَّهَ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ

Maka apabila kamu telah bertolak dari ‘Arafat, berdzikirlah kepada Allah di Masy’aril haram (Muzdalifah)”.

  1. Mina

Tempat berdirinya tugu jumrah, yaitu tempat pelaksanaan kegiatan melontarkan batu ke tugu jumrah sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Dimasing-maising tempat itu berdiri tugu yang digunakan untuk pelaksanaan: Jumrah AqabahJumrah Ula, dan Jumrah Wustha. Di tempat ini jamaah juga diwajibkan untuk menginap satu malam.

Comments