Apa Manfaat Istighotsah ??

Menurut kepala MTsN karangrejo Drs. H. Ali Anwar, M. “Istighosah ini bertujuan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberi keselamatan, kebaikan, serta kemudahan atas segala permasalahan dalam hidup” mengatakan bahwa manfaat dari Istighosah sama halnya dengan manfaat do’a dan zikir, karena kajian dalam pengajian istighosah didalamnya ada do’a dan zikir yang dibaca dan dilafadkan bersama-sama”.

Syaikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani dalam bukunya Berselimut Cahaya Tuhan, menjelaskan tentang faedah berdzikir serta riwayat yang menganjurkanya, ketahuilah bahwa faedah-faedah melakukan dzikir tidak terbatas, karena orang yang berdzikir menjadi teman duduk Allah yang tidak melihat perantara antara dirinya dengan tuhanya. Kaum sufi sepakat bahwa dzikir merupakan pembuka kegaiban, yang mendatangkan kebaikan, teman bagi keterasingan dan tersebarnya kewalian.

Manfaat do’a dan zikir (mengingat Allah SWT) sangat banyak, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mendatangkan keridhoan Allah SWT.
  2. Mengusir syaitan, menundukkan, dan mengenyahkannya.
  3. Menghilangkan kesedihan dan kemuraman hati.
  4. Mendatangkan kegembiraan dan ketentraman (didalam) hati.
  5. Melapangkan rizki.
  6. Menumbuhkan perasaan bahwa dirinya diawasi Allah, sehingga mendorongnya untuk selalu berbuat kebajikan.
  7. Takbir, tasbih, tahmid, dan tahlil yang diucapkan hamba saat berzikir akan mengingatkannya saat dia ditimpa kesulitan.
  8. Malaikat akan selalu memintakan ampunan kepada Allah bagi orang- orang yang berzikir.
  9. Orang yang berzikir (mengingat Allah) senantiasa merasa dekat dengan-Nya dan Allah bersamanya, dll.

Mengingat banyaknya manfaat yang telah disebutkan di atas, maka istighosah merupakan serangkaian dzikirdoasholawat yang sangat banyak maanfaatnya bagi pembacanya. Manfaat istighosah sendiri seperti manfaat yang terdapat dalam dzikir, doa, sholawat, oleh karena itu maka sebagai hamba Allah yang beriman harus selalu berdo’a dan berzikir, memohon perlindungan kepada Allah SWT. dari berbagai tantangan dan cobaan hidup di dunia ini.
Dalam menentukan indikator dalam kuisioner maka peneliti mengambil seperti dijelaskan dalam skripsi Umi Wakhidatul Mubarok, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.31 menyebutkan dalam skripsinya sebagai indikator istighosah adalah keaktifan mengikuti pengajian istighosah, sikap mengikuti istighosah, pemahaman tentang makna istighosah. Dalam penelitian ini yang dijadikan indikator dalam istighosah adalah :

  • Intensitas mengikuti Istighosah
  • Sikap mengikuti istighosah
  • Pemahaman tentang makna istighosah

 

Sumber : https://www.dictio.id/t/apa-manfaat-istighosah/121594/2

 

Comments