Doa Sayyidul Istighfar

Doa Sayyidul Istighfar

Oleh : Hendra Heryansyah, S.Pd.I

(Guru PAI SD Assalaam Bandung)

 

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, baik dosa yang diperbuat secara sengaja ataupun tanpa disengaja. Dosa merupakan suatu pelanggaran manusia atas perintah dan peraturan dari Allah. Dosa dapat menyebabkan seseorang dimasukkan ke dalam neraka. Bahkan dosa kecil juga bisa menjadi penghalang terkabulnya suatu doa serta dapat menghalangi seorang umat untuk masuk surga.

Ketika seseorang penuh dengan dosa, biasanya hati juga akan tidak tenang. Bayang-bayang akan siksa api neraka, cukup membuat manusia takut dan jera. Untuk itu ketika seseorang melakukan dosa, hendaknya segera memohon ampun atau bertaubat pada Allah. Dan tentu saja berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Setiap umat muslim yang melakukan perbuatan dosa, wajib memohon ampunan kepada Allah atas dosa-doa yang dilakukannya dalam keadaan sengaja ataupun tidak disengaja. Maka untuk memohon ampunan kepada Allah, seseorang dianjurkan membaca bacaan istighfar setiap hari. Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Thabrani, bahwa Rasulullah bersabda, "Tidak pernah di waktu pagi saya melewati, kecuali saya membaca istighfar 100 kali".

 

Doa Sayyidul Istighfar

 

Doa Sayyidul Istighfar adalah doa permohonan ampun kepada Allah yang paling tinggi. Karena itu disebut Sayyid (Tuan, Penghulu). Doa ini termasuk doa yang sangat dianjurkan oleh Nabi untuk dibaca siang  dan malam. Dan Nabi menjamin siapa yang membacanya dengan penuh keyakinan dia mati ketika itu, maka dia masuk surga. Selain itu juga doa sayyidul istighfar ini adalah termasuk doa ma'tsurat, yaitu doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Maka sangat penting untuk kita amalkan.

Siapapun pasti menginginkan semua harapan terwujud dengan cepat. Waktu silih berganti, namun impian dan harapan tak kunjung datang. Terkadang kita berputus asa atas permohonan yang selalu kita ucapkan di setiap doa yang kita minta.

Seorang muslim seharusnya selalu memohon kepada Allah, karena ia begitu dekat dengan hambanya yang meminta pertolongan. Bisa jadi, doa yang kita haturkan belum diijabah oleh Allah. Bisa jadi pula, Allah mengabulkan permohonan tersebut dengan bentuk lain yang lebih berguna maupun bermanfaat.

Bagaimana bacaan doa Sayyidul Istighfar itu? Inilah bacaannya:

 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي, لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي, وَأَنَا عَبْدُكَ, وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ  بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ, وَأَبُوءُ بِذَنْبِي, فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ اَلذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

 

Bacaan latinnya:

”ALLOHUMMA ANTA ROBBI, LAA ILAAHA ILLA ANTA, KHOLAQTANI WA ANA ‘ABDUKA, WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU, A’UUDZUBIKA MIN SYARRI MA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BI NI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BIDZAMBI FAGHFIRLII FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBZ ILLA ANTA”

Artinya :

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu menjalankan ketaatan dan menjauhi larangan, pen) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa pahala). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Kapan di amalkannya?

Ada sebuah hadist yang menjelaskan tentang sayyidul istighfar ini, yaitu dari (HR. Al-Bukhari – Fathul Baari 11/97) yang berbunyi :

"Barangsiapa mengucapkannya di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka dia termasuk penduduk syurga.”

Yang harus selalu kita ingat adalah bahwa dosa-dosa yang kita lakukan akan menghalangi terkabulnya doa kita. Karena itu jika anda merasa bahwa selama ini doa-doanya tidak dikabulkan oleh Allah, barangkali karena masih banyaknya dosa yang ada pada diri kita. Sehingga harus dibersihkan dulu, diantaranya dengan membaca doa Sayyidul Istighfar ini.

Maka di dalam buku Istighotsah Istisyfa terdapat bacaan Sayyidul Istighfar yang dicantumkan dalam urutan bacaan kedua untuk dibaca bersama-sama oleh seluruh jamaahnya.

Mudah mudahan kita bisa meraih pengampunan dari Allah SWT dengan membaca DOA SAYYIDUL ISTIGFAR.

Semoga bermanfaat.

Comments