GERAKAN SADAR WAKAF SOLUSI PADA MASA PANDEMI COVID 19

Salah satu ibadah yang mempunyai pengaruh pada peningkatan diri dan sosial kemasyarakatan ialah wakaf. Wakaf merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Begitupun pahala bagi yang mengerjakan wakaf ini berlipat-lipat pahala dan tidak akan pernah terputus selamanya. Masih banyak lagi faidah-faidah ataupun keutamaan dari berwakaf ini. Namun tidak hanya itu pula wakaf ini sangat bermanfaat dalam penyamarataan dan pembangunan umat khususnya dalam hal ini umat Islam. Dampak sosial yang dirasakan dari pengaruh wakaf ini membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di kalangan masyarakat. Betapa pentingnya wakaf bagi kehidupan sosial, maka wakaf ini menjadi tumpuan untuk selalu tetap digalakkan.  

Wakaf berasal dari bahasa Arab yang berarti menahan. Kemudian menjadi kata serapan sehingga wakaf sudah menjadi kata yang tidak asing lagi bagi umat Islam di Indonesia.

Hikmah Wakaf :

1. Menunjukkan kepedulian terahdap kebutuhan masyarakat

2. Pembinaan hubungan kasih saying antara Wakif dengan anggota masyarakat

3. Keuntungan moril bagi wakif, yaitu kucuran pahala, secara terus menerus selama wakafnya dimanfaatkan oleh masyarakat khalayak

4. Sumber pengadaan sarana ibadat, kesehatan, perumahan dan lain sebagainya untuk masa yang lama.

Dengan demikian wakaf ini menjadi solusi yang tepat pada masa pandemik ini. Pada masa sulit ini akan menjadi harapan besar pemulihan pada semua sector yang ada di masyarakat. Gerakan sadar wakaf akan membantu sesama pada masa sesulit ini yaitu masa pandemic Covid 19.

Referensi :

Hendi Suhendi, Fiqih Muamalat, (Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2007)

https://media .neliti.com

https://e-journal.uin.jkt.ac.id

https://e-journal.unisnu.ac.id

Comments