Keutamaan Berdzikir Sesudah Shalat Jum`at

KEUTAMAAN BERDZIKIR SESUDAH SHALAT JUM`AT

Keutamaan membaca surat setelah Jum`at. Dari Siti Aisyah r.a., Rasulullah Saw telah bersabda:

مَنْ قَرَأَ بَعْدَ صَلَاةِ الْجُمُعَةِ قُلْ هُوَاللهُ اَحَدٌ وَقُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ۞ وَقُلْ اَعُوْذُبِرَبِّ النَّاسِ۞ اَعَاذَهُ اللهُ عَزَّوَجَلَّ بِهَامِنَ السُّوْءِ إِلَى الْجُمُعَةِ الْأُخْرٰى

Barangsiapa yang membaca “Qulhuwallaahu ahad”, Qul a`uudzubirabbil falaqi” dan “Qul a`uudzu birabbin naasi” setelah shalat Jum`at, maka Allah azza wajalla akan melindunginya dari segala keburukan hingga Jum`at yang akan datang, (Riwayat Muslim).

Ibnu Majah dalam kitab Sunan-nya telah meriwayatkan sebuah hadits yang berbunyi:

مَنْ قَرَأَ عَقِبَ سَلَامِهِ مِنَ الْجُمُعَةِ قَبْلَ أَنْ يَنْحَنِيَ رِجْلُهُ الْفَاتِحَةَ وَالْإِخْلَاصَ وَالْمُعَوِّ ذَتَيْنِ سَبْعًاسَبْعًا غُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَاتَأَخَّرَوَأُعْطِيَ مِنَ الْأَجْرِ بِعَدَدِ مَنْ اٰمَنَ بِاللهِ وَرَسُوْلِهِ

Barangsiapa yang membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas setelah shalat Jum`at sebelum mengubah kakinya (dari tahiyyat) sebanyak tujuh kali - tujuh kali, maka Allah akan mengampuni-   nya dari segala dosa yang telah lewat dan yang akan datang, dan ia akan diberi pahala sebanyak orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Keutamaan bacaan yaa ghaniyyu dan syiiran Imam Syafi`i Ilaahi lastu dibaca setelah Jumat

Al Manawi dan Abi As`ad Al-Qusyairi telah menukil tentang anjuran agar setelah membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlash,Al-Falaq, dan An-Naas bacalah doa ini:

يَاغَنِيُّ يَاحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ 

Ya Tuhan Yang Maha Kaya, Yang Maha Terpuji, Yang Maha Permulaan, Yang Maha Cerdik, Yang Maha Kasih Sayang, Yang Maha Penyantun. Cukupkanlah hamba dengan barang yang halal dari pemberian-Mu dan jauhkanlah hamba dari barang yang Engkau haramkan, tetapkanlah aku berlaku taat kepada-Mu dalam jalan yang membawa maksiat kepada-Mu, dan dengan karunia-Mu, bukan dari selain Engkau.

Menurut suatu riwayat barang siapa yang mendawamkan doa ini, niscaya Allah akan memberi kecukupan dan memberi rezeki di luar perhitungannya sendiri.

Kutub Abdul Wahhab Sya`rani menambahkan bahwa sesungguhnya orang yang mendawamkan bacaan dua bait syair Imam Syafi`I di bawah ini niscaya Allah akan mewafatkan dia dalam keadaan iman dan Islam. Syairnya sebagai berikut:

إِلٰهِى لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلًا ۞  وَلَآاَقْوَى عَلٰى نَارِالْجَحِيْمِ

فَهَبْ لِيْ تَوْبَةً وَّاغْفِرْذُنُوْبِيْ  ۞   فَإِنَّكَ غَافِرُالذَّنْبِ الْعَظِيْمِ

Ya Allah! Sesungguhnya aku tidak pantas jadi ahli surga, namun aku tidak kuat atas (siksa) api neraka. Oleh karena itu terimalah tobatku atas segala dosaku, karena sesungguhnya Engkau pengampun segala dosa besar.

Comments