Keutamaan Shalat di Masjid Nabawi

Kita tahu bahwa Masjid Nabawi adalah masjid yang mulia. Lantas apa keutamaan shalat di Masjid Nabawi dibanding masjid lainnya?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ، وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ – صلى الله عليه وسلم – وَمَسْجِدِ الأَقْصَى

“Tidaklah pelana itu diikat –yaitu tidak boleh bersengaja melakukan perjalanan (dalam rangka ibadah ke suatu tempat)- kecuali ke tiga masjid: Masjidil Haram, masjid Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan masjidil Aqsho” (HR. Bukhari 1189 dan Muslim no. 1397). Hadits ini juga diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al Khudriy. Hadits ini secara tegas menunjukkan keutamaan sengaja bersafar ke ketiga masjid di atas. Dan ini berarti selain tiga masjid itu tidak dibolehkan jika sengaja bersafar ke sana dalam rangka ibadah, baik itu ke kuburan wali maupun orang sholih .

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom.” (HR. Bukhari no. 1190 dan Muslim no. 1394, dari Abu Hurairah)

Selain dapat merengkuh pahala dengan shalat di Masjid Nabawi, jamaah haji dan umrah juga dapat berdoa di Rauhdah. Letak Raudhah itu sendiri, dijelaskan oleh Nabi SAW, “Antara rumahku dan mimbarku terdapat taman di antara taman surge.” (HR. Bukhari dan Muslim). Saat ini, rumah Nabi SAW itu menjadi tempat di  mana beliau dimakamkan.

Berbeda dengan seluruh areal di Masjid Haram yang luasnya 100 ribu meter,  Raudhah atau taman surga ini merupakan satu tempat yang terbatas. Luas Raudhah hanya sekitar  330 meter saja. Bagi jamaah haji dan umrah, untuk menuju Raudhah dapat menandai sebuah kubah hijau (al-Qubbatu al-Hadhra’u) dari luar Masjid Nabawi.

Kalau diurut dari atas pahala shalat di Masjid Nabawi berturut-turut adalah sebagai berikut, pertama, pendapat pahala seribu kali shalat di masjid lain di luar Masjid Haram dan masjid Aqsha. Kedua, bagi yang melakukan arbain di Masjid Nabawi akan terbebas dari api neraka, adzab, terlepas dari munafik, dan dapat berdoa di Raudhah.

Comments