KEUTAMAAN SURAT AL-FAATIHAH

Fadhilah Surat Al Fatihah

Al-Faatihah adalah nama salah satu surat dalam Al-Qur`an yang letaknya paling awal sebagai pembuka. Fatihah sendiri adalah pecahan dari kalimat Fataha (Fi`il Madhi), Yaftahu (Fi`il Mudhari ),Fathan (Masdar). Sedang Fatihatun/Fatihah jatuh pada posisi isim Fa`il artinya yang membuka. Itu menurut Ilmu Tashrif.

Surat Fatihah adalah surat yang paling sering kita baca oleh kaum muslimin, karena membaca surat Al-Fatihah dalam shalat adalah hukumnya Wajib, jika seseorang dalam shalatnya tidak membaca surat Al Fatihah maka shalatnya tidak sah, Sabda Nabi Muhammad Saw : Laa sholaata liman lam yaq-u bifaatihatil kitaab” Artinya tidak sah shalat seseorang apabila dalam shalatnya tidak membaca surat al fatihah. (Al-Fatihah rukun shalat ). setiap rakaat pasti ada bacaan surat Al-Faatihahnya. Belum lagi pada saat orang hendak mengadakan acara selalu dibacakan Al-Faatihah (Induk dari Al-Qur`an). Selain pada tempat-tempat yang telah tersebut diatas juga masih banyak lagi tempat yang dimana pada acara tersebut dibaca surat Al-Faatihah misalnya pada setiap mengadakan acara berdoa baik doa bersama-sama atau sendirian maka surat Al-Faatihah selalu dibaca, dan masih banyak lagi pada acara yang lain.

Menurut Ibnu Qayyim al-Jauzi surat Al-Fatihah bisa menjadi obat bagi penyakit rohani dan penyakit Jasmani. Hal ini bisa berhasil apabila mengikuti cara dan aturan yang berlaku.

Sebagaimana diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Sa`id Al-Khudriy r.a. yang artinya : “Pada suatu hari kami bersama-sama berada dalam perjalanan. Ketika itu kami berada disuatu dusun, tiba-tiba datanglah seorang budak perempuan seraya berkata: “Sesungguhnya pimpinan desa ini sedang sakit dan tidak seorangpun diantara kami yang bisa mengobatinya.”Kemudian salah seorang dari kami ada yang berdiri dan kami mengikutinya untuk mengobati kepada dusun tersebut. Kami semua tidak mengira bahwa diantara kami ada yang dapat mengobati orang sakit. Orang yang sedang sakit dibacakan sesuatu olehnya, setelah itu sembuhlah orang yang sakit tersebut, yang tentunya karena Allah dengan perantara orang tersebut dan bacaan Al-Fatihah. Setelah itu ia dihadiahi 30 ekor kambing dan kami semua disuguhi susu.

Ketika dia kembali dari pengobatannya, kami bertanya kepadanya: “Apakah kamu membolehkan mantra dan apakah anda juga tukang mantra?” Kemudian ia menjawab,”Tidak Saya bukan orang yang ahli matra pengobatan, tetapi saya hanya membacakan Ummul Kitab (Al-Fatihah). Kami pesan kepada semuanya, kejadian ini jangan disiarkan kepada siapapun sebelum ditanyakan kepada Rasulullah SAW.” Sepulang kami dari perjalanan dan sampai di Madinah, kami segera menemui Rasulullah dan menanyakan perihal kejadian yang telah kami alami. Rasulullah Saw bersabda. “ Siapa orang yang mengetahui bahwa yang dibaca itu surat Al-Fatihah yang kalian kira mantra?” Bagilah hadiah itu dan berikan saya sebagian darinya.

Khasiat-khasiat dan fadhilah dari surat Al-Fatihah antara lain:

1. Dapat mengobati segala penyakit,

Bacalah 40 kali pada air satu ember untuk membasuh anggota badan. Maka insya Allah, hal ini dapat memberikan kekebalan pada tubuh kita.

2. Dapat mengobati penyakit mata,

Bacalah 41 kali setelah shalat sunnat shubuh dan setelah itu usaplah pada mata yang sakit.

3. Mengobati sifat pelupa.

Bacalah surat Al-Fatihah pada semangkuk air bersih, setelah itu diminum oleh yang dimaksud, Lakukanlah berkali-kali,jangan bosan dan jangan putus asa.

4. Untuk penawar racun.

Ambilah air 1 gelas yang diberi garam. Kemudian bacalah surat Al-Fatihah 7 kali pada air tersebut, minumkanlah air tersebut pada orang yang kena racun.

5. Untuk mengobati penyakit panas dan penyakit perut.

Ambillah air bersih segelas kemudian bacalah kalimat ini:

Innahuu balaghanii `an nabiyyika warasuulika Muhammadin shallallaahu `alaihi wasallam, annahu qoola, Al-Faatihatu limaa qurimat lahu. Bismillaahir rahmaanir rahiim.”

Dilanjutkan dengan surat Al-Fatihah 1 kali. Setelah itu, minumlah air tersebut kepada orang yang sakit perut, Insya Allah sakitnya akan segera sembuh berkat pertolongan Allah Swt.

6. Untuk penyembuhan segala penyakit.

Dengan cara meletakkan telepak tangan pada anggota yang sakit sambil dibacakan surat Al-Fatihah.

(Isi kandungan surat Al Fatihah menjelaskan; Agar manusia memohon hidayah ke jalan yang lurus dan memohon pertolongan dari Allah SWT).

Demikianlah keutamaan atau khasiat membaca Al-Fatihah, semoga bermanfaat bagi kita.

Comments