MEMBACA DOA AKHIR TAHUN & DOA AWAL TAHUN DI BULAN MUHARRAM

BULAN MUHARRAM

MUHARAM adalah bulan pertama dalam tahun Islam (Hijriah).

Pada malam harinya sejak permulaan terbenamnya matahari (timbul mega merah) itulah tanda Tanggal 1 Muharram.

Maka kita ucapkan Selamat Datang tanggal 1 muharram 1442 H, selanjutnya kemudian membaca doa Awwal Tahun ini, sebelum dan sesudahnya diawali dengan membaca tawasul kepada Nabi Muhammad Saw. Kemudian baca doa ini sebanyak 3 kali selepas shalat maghrib, shalat sunnat Taubat dan Hajat pada malam 1 Muharram.

Fadhilahnya : “ Barangsiapa yang membaca doa ini, syaithan berkata:”Telah amanlah anak Nabi Adam ini daripada godaan pada tahun ini karena Allah telah mewakilkan dua Malaikat untuk memeliharanya daripada fitnah Syaithan. 

 

DOA AWWAL TAHUN

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ۞ اَللهم اَنْتَ الْاَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ وَعَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوِّلِ وَهٰذَاعَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ نَسْئَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَآئِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالْإِشْتِغَالِ بِمَايُقَرِّبُنِيْ اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَاالْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ ~وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ۞

Artinya :”Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam tetap tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, teriring keluarga dan sahabat beliau. Wahai Tuhanku, Engkau adalah Dzat Yang Maha Kekal, Dahulu dan Awal. Hanya dengan anugerah dan kemurahan-Mu yang Agung telah datang tahun baru. Di tahun ini kami memohon pemeliharaan-Mu dari setan, kekasihnya dan bala tentaranya dan kami memohon pertolongan-Mu atas hawa nafsu yang mengajak kepada kejelekan, dan kami memohon dengan perbuatan yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu, wahai Dzat yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga dan sahabat beliau.

Barangsiapa yang membaca doa ini maka syetan-syetan akan mengatakan demikiam; “ Alakah bahagianya Orang itu, dia akan dilindungi dirinya dari aku pada sisa umurnya, karena Allah Swt mengutus 2 (dua) Malaikat untuk menjaga orang itu dari godaan-godaanku.

Selain dari pada itu, sunnat pada malam dan siang harinya, memperbanyak beribadah diantara membaca “Ayat Kursi” sebanyak 360 kali setelah itu bacalah doa ini :

 

اَللهم يَامُحَوِّلَ الْاَحْوَالِ حَوِّلْ حَالِيْ عَلٰى اَحْسَنِ الْاَحْوَالِ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَاعَزِيْزُيَامُتَعَالِ~وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ۞

Artinya; ”Ya Allah, Dzat yang dapat memutarbalikan hal ihwal (Kelakuan) balikkanlah kelakuan kepada yang terbaik dengan daya upaya Engkau, hal Dzat yang Maha Perkasa, yang Maha Agung. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada penghulu kami Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga dan sahabatnya”.

AKHIR TAHUN

Sebelum membaca doa akhir tahun bacalah Tawasul kepada Nabi Muhammad Saw 1 kali, kemudian bacalah doa ini sebanyak 3 kali pada akhir waktu Ashar atau sebelum masuk waktu Maghrib pada akhir bulan Dzulhijjah.

Fadhilahnya :

“Barangsiapa yang membaca doa akhir tahun ini, syaithan berkata:”Kesusahan bagiku dan sia-sialah pekerjaanku untuk menggoda anak Nabi Adam As pada setahun ini dan Allah membinasakan aku satu saat jua. Dengan sebab membaca doa ini, Allah Swt mengampuni dosanya setahun.

 

DOA AKHIR TAHUN

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ۞ اَللهم مَاعَمِلْتُ فِيْ هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّانَهَيْتَنِيْ عَنْهُ وَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَنَسِيْتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتُ  عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلٰى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جِرَآئَتِيْ عَلٰى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ بِفَضْلِكَ وَمَاعَمِلْتُهُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ ۞ وَاَسْئَلُكَ اللّٰهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَاالْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ ۞ اَنْ تَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلَاتَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ۞

Artinya : Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Yang Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga dan sahabat beliau. Wahai Tuhanku, apa yang aku perbuat sepanjang tahun ini berupa perbuatan-perbuatan yang Engkau larang aku melakukannya, sedang aku belum bertaubat dari padanya, dan  Engkau tidak meridhainya dan tidak melupakannya dan Engkau pun telah menyayangiku setelah Engkau pun kuasa untuk menyiksaku kemudian Engkau menyeruku untuk bertaubat dari padanya setelah aku bermaksiat kepada-Mu. Karena itu aku memohon ampunan dari-Mu, maka ampunilah aku dengan anugerah-Mu. Dan apa yang telah aku kerjakan di tahun ini, adalah berupa perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan pahala atasnya. Dan aku mohon kepada-Mu wahai Tuhanku wahai Dzat Yang Maha Mulia, yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, agar Engkau terima amalku itu, dan jangan Engkau putuskan harapanku dari-Mu wahai Dzat Yang Maha Mulia, semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurah kepada jujungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga dan sahabat beliau.

اَللهم حَصِّلْ مَقَاصِدَنَاوَسَلِّمْ اُمُوْرَنَاوَاقْضِ حَوَائِجَنَاوَانْفَعْ عُلُوْمَنَابِبَرَكَةِ الْفَاتِحَةْ :

“ Ya Allah, capaikanlah maksud harapan kami, selamatkanlah urusan-urusan kami, penuhilah hajat kebutuhan kami dan jadikanlah manfaat ilmu kami dengan berkahnya surat Al-Faatihah.

Comments