Sambutan Ketua Umum Yayasan Assalaam Bandung

Sambutan Ketua Umum Yayasan Assalaam Bandung

 

IKATAN HAJI YAYASAN ASSALAAM (IHYA)

KOTA BANDUNG

 

Assalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

KBIH Assalaam yang dirintis pada tahun 1992 telah berhasil menyelenggarakan bimbingan sampai hari ini (angkatan ke 28 tahun 2019).

Latar belakang dilaksanakannya bimbingan KBIHU Assalaam tidak lain berangkat dari satu keprihatinan banyaknya jamaah haji dari sisi fiqih haji yang kurang memenuhi persyaratan. Karena itu, KBIHU Assalaam masih memiliki tanggungjawab moril terutama berkaitan dengan upaya-upaya untuk tetap menjaga dan meningkatkan kemabruran haji jamaah. Sesungguhnya, bimbingan manasik haji Assalaam bukan hanya memberikan bimbingan sampai mereka menunaikan ibadah saja tetapi bagaimana bimbingan ini berkelanjutan membina dan membimbing kemabruran haji sampai akhir hayat mereka. Sebagaimana dimaklumi kemabruran haji saat ini memiliki situasi yang sangat rentan oleh berbagai cobaan duniawi. Kondisi mereka mulai bergeser dalam hal penggunaan waktu, artinya waktu untuk beribadah mahdhah sekarang ini mulai tergerus dengan waktu untuk refreshing sampai ke kegiatan-kegiatan harian yang sudah membudaya semakin formalistik, misalnya tradisi shilaturahim yang bersifat formalitas saja belum menyentuh pada hal-hal substantif dan sebagainya. Pada akhirnya terbangun satu budaya yang sangat krusial, satu budaya yang semu dan satu budaya yang hanya sebatas memenuhi syarat-syarat formalisasi.

 

Makna silaturahmi semakin mengalami proses pendangkalan. KBIHU Assalaam dalam hal ini berupaya bagaimana Ikatan Haji Yayasan Assalaam ( IHYA ) sebagai wadah resmi para alumni haji tergabung dalam KBIHU Assalaam ingin kembali melestarikan, melanjutkan, menindaklanjuti dan membina agar jangan sampai ritual haji, doa-doa, dan pengalaman-pengalaman haji dan sebagainya tidak sirna tergerus dengan perkembangan zaman.

 

IHYA ingin memberikan nilai tambah bagaimana kemabruran ini tetap terjaga, malah semakin meningkat. Kita sadar bahwa setiap manusia pada kesempatan-kesempatan tertentu akan tergugah dan terdorong untuk berupaya mencari kehidupan yang lebih bermakna. Salah satu indikator yang harus diupayakan adalah kehidupan yang sarat dengan nilai-nilai agama.

 

Melalui website ini kami ingin membuka kembali sebuah ruang dimana semua jamaah haji kembali melakukan kontemplasi (perenungan), minimal mengingat kembali apa yang sudah dilakukan pada saat ibadah haji sesuai dengan tahun keberangkatan jamaah tersebut. Melalui konten ini kita ingin mengangkat beberapa tempat-tempat monumental yang tentunya tidak akan pernah lepas dari catatan ingatan kita semua. Insya Allah konten ini banyak memberikan  manfaat kepada jamaah IHYA baik di dunia maupun di akhirat.

 

Usia IHYA yang menginjak ke 28 tahun dan akan melangkah ke 29 tahun, bukanlah usia yang singkat. Pasti ada tantangan, rintangan, suka duka, pasti ada romantika tersendiri yang tentunya tetap kita jaga, lestarikan, dan dijunjung nilai-nilai positifnya. Kita juga sajikan beberapa program yang kita tawarkan kepada jamaah IHYA. Sekali lagi, ini semata mata pemenuhan rasa tanggungjawab KBIH dalam konteks tetap membina dan manjaga kemabruran haji kita. Amiin.

 

Dalam situasi pandemi covid 19 upaya silaturahmi langsung bertatap muka antar jamaah IHYA sedikit terganggu. Namun demikian kami tetap melakukan silaturahmi melalui Zoom, WA, IG, dan FB. Silaturahmi yang merupakan salah satu upaya merekat ukhuwwah Islamiyah dan sekaligus menjaga kemabruran haji tak bisa lepas dari kegiatan IHYA. Semoga terus berlangsung sampai akhir hayat. Amiin yaa rabbal ‘alamiin.

 

Wassalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

Bandung, 27 Juli 2020

Ketua UmumYayasan Assalaam

 

 

Habib Syarief Muhammad Al’Aydrus

 

Comments