NISHFU SYA`BAN 1442 H

Nishfu Sya’ban adalah malam tanggal 15 bulan Sya’ban, dimana seluruh catatan amal manusia disetorkan ke hadirat Allah SWT dan dibuka lembaran baru catatan amal manusia untuk satu tahun ke depan. Hidupkanlah malam nishfu Sya’ban dengan memperbanyak ibadah dan amal sholeh. Semoga Allah SWT membuka pintu hati kita untuk selalu berbuat baik terutama pada malam nishfu Sya’ban. Amiin.

Keutamaan Nishfu Sya`ban

Dalam tafsir Al Kasyaf karangan Abu Qosim Jarullah Mahmud bin Umar Zamakhsyari juz III, hal.105 disebutkan pada malam nishfu Sya’ban ada 5 perkara yang khusus yang diberikan Allah kepada manusia, yaitu:

  1. Dijelaskan dan diturunkannya beberapa perkara yang baik dan buruk untuk satu tahun ke depan.
  2. Memperoleh keutamaan ibadah.
  3. Diturunkannya rahmat Allah SWT,
  4. Mendapat ampunan Allah SWT,
  5. Memperoleh syafaat Rasulullah SAW dengan sempurna

AUROD YANG DIBACA KETIKA MALAM NISHFU SYA`BAN

  • Membaca Yasin yang pertama dengan niat; memohon dipanjangkan umur untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.
  • Membaca Yasin yang kedua dengan niat; memohon diberikan rezeki yang banyak dan halal untuk bekal ibadah kepada Allah SWT.
  • Membaca Yasin yang ketiga dengan niat; memohon ditetapkan dan dikokohkan iman serta husnul khotimah.
  • Pada malam harinya perbanyaklah membaca ;

لَآاِلٰهَ اِلَّااَنْتَ سُبْحَانَكَ اِنِّىْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ ۞

Artinya : Tiada Tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zholim.

  • Keesokan harinya memperbanyak sedekah,

membaca dzikir, membaca shalawat, membaca Al-Qur’an, berdo’a dan mengerjakan amal-amal salih lainnya.

  • Apabila Ibu-Ibu yang sedang haid, agar tetap mendapat pahala shalat pada setiap waktu shalat bacalah aurod ini sebanyak 70 kali.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ عَلٰى كُلِّ حَالٍ وَاَسْتَغْفِرُاللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ ۞

Artinya : “Segala puji bagi Allah dalam setiap keadaan (apapun) dan aku mohon ampunan kepada Allah dari setiap dosa (kesalahan).

DO’A NISHFU SYA’BAN

اَللّٰهُمَّ يَاذَاالْمَنِّ وَلَايُمَنُّ عَلَيْكَ يَاذَاالْجَلَالِ وَاْلاِكْرَامِ ۞ يَاذَاالطَّوْلِ وَاْلاِنْعَامِ لَآاِلٰهَ اِلَّآاَنْتَ ظَهْرَاللَّاجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَاَمَانَ الْخَآئِفِيْنَ ۞ اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا اَوْمَحْرُوْمًا اَوْمَطْرُوْدًا اَوْمُقْتَرًّا عَلَيَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ أُمِّ الْكِتَابِ شَقَاوَتِيْ وَحِرْمَانِيْ وَطَرْدِيْ وَاِقْتَارَ رِزْقِيْ وَاَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ الْكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَاِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلٰى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُواللهُ مَايَشَآءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ اُمُّ الْكِتَابِ ۞ اِلٰهِىْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِيْ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانِ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَم اِصْرِفْ عَنِّىْ مِنَ الْبَلَآءِ مَآأَعْلَمُ وَمَالَآ أَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ ۞ بِرَحْمَتِكَ يَآأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ۞ وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ أَمِيْن ۞

 Artinya : Ya Allah! Tuhanku pemilik nikmat, tiada yang bisa memberi nikmat kepada-Mu. Ya Allah! Pemilik kebesaran dan kemuliaan. Ya Allah! Tuhanku pemilik kekayaan dan pemberi nikmat. Tiada Tuhan yang patut disembah melainkan Engkau. Engkaulah tempat bersandar. Engkaulah tempat berlindung dan kepada-Mulah tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan. Ya Allah ! Tuhanku, sekiranya Engkau menulis dalam buku besar-Mu, bahwa orang yang tidak berbahagia, yang sangat terbatas mendapat nikamat, yang dijauhkan dari-mu, atau yang disempitkan dalam mendapatkan rezeki, maka aku memohon dengan karunia-Mu, semoga Engkau pindahkan aku ke dalam golongan orang-orang yang berbahagia, luas rezeqi, serta diberi petunjuk pada kebajikan. Sesungguhnya Engkau telah berfirman dalam kitab-Mu yang telah diturunkan kepada rasul-Mu, bahwa firmanMu benar, yang berbunyi:  Allah mengubah dan menetapkan apa yang dikehendaki-Nya dan pada-Nya sumber Kitab. Ya Allah! Dengan Tajalli-Mu Yang Maha Besar, pada malam Nishfu Sya`ban yang mulia ini, Engkau tetapkan dan Engkau ubah sesuatunya, maka aku memohon semoga dijauhkan dari bencana, baik yang aku ketahui atau yang tidak aku ketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi. Aku selalu mengharap limpahan rahmat-Mu Ya Allah Yang Maha Pengasih; dan semoga rahmat Allah selalu dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW keluarganya dan sahabatnya. Kabulkanlah doa kami.

Do`a Ketika Bulan Rajab

﴿اَللهم بَارِكْ لَنَافِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَارَمَضَانَ﴾.

Artinya : " Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya`ban serta sampaikanlah (umur) kami ke bulan ramadhan.” (HR. Ahmad).

 

 

Comments