SEMAAN ALQURAN

Sema’an adalah menyimak bacaan Alqur’an yang dikumandangkan oleh seorang hafizh sebagai pelaksanaan ibadah dan memohon ridha Allah Swt. Pahala menyimak bacaan Alqur’an sama seperti orang yang membacanya. Alqur’an dapat memberikan ketenangan hati, sebagaimana firmanNya, “Hanya dengan mengingat Allah, hati kalian menjadi tenang”. (Alqur’an). Satu hari atau sekali dalam sebulan merupakan waktu yang relatif sedikit (1/30) bila kita bandingkan dengan waktu yang tersisa. Tetapi manfaat sema’an dapat dirasakan sepanjang masa baik di dunia maupun di akhirat kelak. Manfaat lain dapat diraih sebagaimana sabda Nabi saw

 

Artinya : Rasulullah saw bersabda : Tidak lah berkumpul suatu kaum di rumah Allah (masjid)  berdzikir kepada Allah dan tadarus Alqur’an kecuali mereka dikelilingi oleh para malaikat, diliputi dengan rahmat Allah dan diturunkan kepada mereka sakinah (ketentraman) dan Allah senantiasa menyebutkan mereka dihadapan para makhluk yang ada disisiNya. (Al Hadits)

Di telinga kita, di rumah dan di lingkungan kita senantiasa terdengar lantunan ayat-ayat Alqur’an. Semoga sema’an menjadi tradisi dalam masyarakat muslim.  Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan oleh Warga Pengajian Wanita Assalaam bersama para hafidz setiap hari senin mulai jam 09.00-11,00 Wib di Mesjid Assalaam Bandung Jl. Sasakgantung 11 Bandung. Terbuka untuk umum dan bias diikuti secara Live di Instagram, FB WPWA_Assalaam.   

 

Comments