Unit Sosial Agama

Pondok Yatim Assalaam

slogan

Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia

Sekilas tentang Pondok Yatim Assalaam

Cikal bakal pondok yatim Assalaam sudah digagas oleh Muassis awal Yayasan Assalaam Al Marhum Al Maghfurlahu KH. Habib Utsman Al’Aydarus karena hal tersebut merupakan cita-cita almarhum yang tertuang dalam buku hariannya. Pada saat hidupnya, almarhum terkenal sangat sayang terhadap anak yatim. Selain perhatian almarhum memberikan santunan kepada mereka, almarhum mewujudkan kasih sayangnya terhadap anak yatim dengan mengusap kepala anak yatim setiap hari. Cita – cita almarhum belum terwujud membentuk lembaga yatim karena beliau telah dipanggil lebih dulu oleh Dzat Yang Maha Kuasa pada hari kamis, 15 Djumadil Akhir 1405 H / 7 Maret 1985 M.

Pada periode berikutnya yaitu Drs. KH. Habib Syarief Muhammad Al’Aydrus. Dalam kepemimpinannya beliau melakukan penataan baik administrasi maupun manajemen juga melanjutkan cita-cita almarhum yaitu mendirikan lembaga pondok yatim Assalaam pada 1 Rajab 1429 H. Alhamdulilah saat ini pondok yatim Assalaam berada di tiga lokasi, yaitu ;

  • Pondok Yatim Assalaam 1 Jln natawijaya No.9 RT.03/03 Kel.Pungkur Kec.Regol Kota Bandung
  • Pondok Yatim Assalaam 2 Jln. Buahbatu Dalam V 119/105 Cijagra Telp. 022-7300072 dan
  • Pondok Yatim Assalaam 3 di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Quran Assalaam Jatihandap – Mandalajati – Kota Bandung

Islam mengajarkan kedamaian dan mengupayakan kemakmuran, hal ini mesti diraih dengan usaha yang gigih guna mempersempit jurang pemisah antara kaum dhu’afa dan orang-orang kaya. Anak yatim dan kaum dhu’afa, mereka terkesan menjadi beban dalam kehidupan masyarakat. Namun bila kita melihat kebelakang bahwa Rasullulah saw adalah anak yatim. Imam Syafi’I dan lainnya banyak yang menjadi orang besar dan terhormat, mereka adalah anak yatim. Jadi anak yatim merupakan asset yang perlu mendapat perhatian dari semua kalangan.

Pemerintah dan para aghniya diharapkan mampu memberikan sentuhan batin dan perhatian terhadap penderitaan, kefakiran dan ketertinggalan anak-anak yatim dan dhu’afa serta berusaha melepaskan mereka dari kemiskinan mental spiritual dengan langkah – langkah pemberdayaan potensi SDM guna meningkatkan harkat dan martabat mereka sebagaimana yang diamanatkan oleh Rasullulah SAW

Visi

Menjadi lembaga professional dalam mengangkat harkat martabat yatim piatu dan pembinaan kader utama, harapan masa depan Islam.

Misi

  • Membina kader penerus perjuangan para alim utama, pakar ilmu, cendekiawan, mubaligh, asaatidz Mukhlisiina Lahuddiina.
  • Membangun generasi pemimpin berakhlakul karimah yang berprestasi.
  • Membentuk insane bertaqwa dan berguna bagi agama, bangsa dan Negara

Artikel Pondok Yatim Assalaam

Berita Pondok Yatim Assalaam

Agenda Pondok Yatim Assalaam

Agenda Yayasan Assalaam